Tips Cara Bertahan Hidup Di Hutan Jika Tersesat

Pengertian Hutan:
Hutan merupakan suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Karena saking luasnya itu, pernahkah agan semuanya berfikir gimana rasanya jika kita tersesat di dalamnya ??

1. Mencari air yang aman di minum

Jika tersesat di hutan rimba mungkin banyak akar-akar yang mengandung air dan aman di minum, tetapi jika di hutan kecil tentu tidak ada. Nah berikut ciri-ciri air yang aman di minum di hutan. Airnya bening dan di dalamnya terdapat tanda kehidupan, jika di dalam air tersebut terdapat jentik-jentik nyamuk ataupun sebangsa ikan, itu berarti air aman untuk kita minum. Jangan sekali-kali mencoba meminum air yang ada di hutan tanpa adanya tanda kehidupan di air tersebut, bisa jadi air itu beracun.

2. Mencari buah yang bisa di makan

Nah kalau ciri ini sih agak mudah gan, tentunya membedakan mana buah yang aman dan beracun. Ciri buah beracun itu tentunya dengan rasanya yang pait, dan jika dia masak atau sudah ranum, tak ada satupun hewan memakanya, termasuk serangga kecil. Jika buah yang aman di konsumsi adalah buah dengan rasa asam atau manis, jika buah itu masak dan ada bekas hewan memakan tentu aman juga kita makan, hewan yang bisa jadi patokan adalah tupai, kelelawar, burung, dan yang paling ampuh memilih makanan beracun atau tidak adalah kera/monyet.

3. Menentukan arah Barat dan Timur

Nah jika agan tidak membawa kompas dan kehilangan arah atau tak ada sinar matahari, silahkan berpatokan pada alga atau tumbuhan lumut di pohon, di bagian sisi sebelah manakah yang paling banyak dan subur di tumbuhi lumut ini menandakan arah TIMUR, karna semua tumbuhan pucuknya akan mengarah ke arah matahari terbit, sukur-sukur ketemu bunga matahari. Cara kedua melihat dari warna salah satu sisi batang pohon, jika jam tangan menunjukan pukul 12 ke bawah warna pohon yang terang akan mengarah ke TIMUR, dan biasanya bagian yang agak gelap selalu menandakan ke BARAT. Jika masih kurang jelas ke TRIT ini aja gan Sini gan

PERINGATAN :
“Jika agan bermalam di hutan dan terdengar suara srigala, segera buatlah api unggun sebanyak-banyaknya di sekitar tenda agan tapi jika hutan itu komunitas Badak, jangan sekali-kali membuat kobaran api, karena Badak setiap melihat api akan lari memadamkan api tersebut.”

SUMBER : DISINI

//

2 thoughts on “Tips Cara Bertahan Hidup Di Hutan Jika Tersesat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s